Permasalahan belajar siswa sering kali terjadi yang dipengaruhi oleh banyak hal, diantara lainnya merupakan kurikulum yang tidak relevan, lingkungan kelas yang tidak kondusif, kondisi ekonomi yang kurang menguntungkan, dan hubungan yang kurang harmonis antara guru dan siswa. Sekolah sebagai fasilitator bagi untuk membantu siswa yang sedang di fase malas belajar. Di SMA Sunan Kalijogo Jabung telah memfasilitasi bagi siswa yang membutuhkan bantuan sehingga permasalahan-permasalahan yang dialami dapat diselesaikan dengan segera. penyebab siswa SMA Sunan Kalijogo Jabung malas belajar, dan penanganan yang dilakukan oleh guru BK dalam menangani siswa yang malas belajar dengan layanan penguasaan konten di SMA Sunan Kalijogo Jabung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMA Sunan Kalijogo Jabung, peneliti menemukan bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam mengatasi siswa malas belajar sudah terlaksana cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten di SMA Sunan Kalijaga Jabung merupakan upaya yang berfokus pada kebutuhan individu siswa dalam mengatasi masalah malas belajar. Metode yang diterapkan melalui bimbingan dan konseling menunjukkan pendekatan yang inklusif dan responsif terhadap permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Untuk mengoptimalkan efektivitas layanan penguasaan konten, disarankan untuk memperkuat kerjasama antara guru BK, siswa, dan orang tua dalam mendukung proses pembelajaran. Pengembangan program bimbingan dan konseling yang lebih spesifik dan personal juga perlu diperhatikan, sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa di SMA Sunan Kalijaga Jabung. Penelitian ini telah selesai dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana layanan penguasaan konten dijalankan di SMA Sunan Kalijaga Jabung, mengidentifikasi alasan mengapa siswa di SMA Sunan Kalijaga Jabung malas belajar, serta menentukan cara guru bimbingan dan konseling menangani siswa yang malas belajar melalui layanan penguasaan konten di sekolah tersebut. Hasil penelitian ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang implementasi layanan, penyebab kemalasan belajar, dan strategi efektif yang digunakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah.
Malas belajar, Layanan penguasaan konten