Pendidikan dapat dikatakan berhasil jika tujuan pendidikan tersebut telah tercapai, namun pendidikan di Negri ini masih jauh dari harapan pendidikan nasional. Diberbagai daerah masih sering ditemukan pelajar yang melanggar norma-norma sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kesiswaan di SDN Pucangsongo Pakis, karakter disiplin peserta didik di SDN Pucangsongo Pakis dan mendeskripsikan strategi manajemen kesiswaan dalam penanaman karakter disiplin peserta didik yang dilakukan di SDN Pucangsongo Pakis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. informan yang digunakan adalah kepala sekolah, pendidik dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan Bagaimana manajemen kesiswaan di SDN Pucangsongo Pakis yang meliputi perencanaan, pelaksanaan atau pembinaan kesiswaan dan evaluasi kesiswaan, karakter disiplin peserta didik yang tercipta melalui ketaatan dan kesetiaan dan Strategi manajemen kesiswaan dalam penanaman karakter disiplin peserta didik yaitu dengan memberi contoh secara langsung bagaimana sikap disiplin, pemberian buku pintar, kegiatan ekstrakurikuler dan pemeriksaan kehadiran.
strategi manajemen kesiswaan, karakter disiplin