Sebuah strategi komunikasi dalam meningkatkan kemampuan membaca seorang santri sangat berperan penting dalam mencetak santri muda yang berwawasan Qur’ani, apalagi jika taman pendidikan al-Qur'an tersebut berada di pedesaan yang tidak terikat oleh pondok pesantren. Maka pemilihan Strategi komunikasi dan metode sangatlah perlu untuk diperhatikan. Metode dalam penelitian ini adalah mixed method (penelitian gabungan antara kualitatif dan kuantitatif). Jenis penelitian ini menggunakan Desain Sekuensial Eksploratori (Kualitatif- Kuantitatif). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara, dokumentasi serta pembagian angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan model Miles dan Huberman yaitu dengan kegiatan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Data pada penelitian ini disajikan dalam bentuk naratif deskriptif dan statistik deskriptif dari angket yang telah tersebar. Setelah dilakukan rekonstruksi data secara deskriptif kemudian langkah selanjutnya menghitung validitas data dari angket melalui SPSS 23. Kemudian ditemukan hasil bahwa penerapan strategi komunikasi menggunakan buku pedoman madrasah al-Qur'an metode ngalah dapat meningkatkan kemampuan membaca santri dengan efektif.
strategi komunikasi, peningkatan kemampuan membaca