Strategi komunikasi yang dilakukan oleh pembimbing (Ustadz) adalah komunikasi asertif dalam pembelajaran Pembimbing takror pondok pesantren sunan kalijogo jabung mengharapkan dengan banyaknya variasi metode pembelajaran taktror mencangkup strategi komunikasi asertif bisa/setidaknya menambah kefahaman para santri terhadap pelajaran yang sudah didapat sebelumnya melalui madrasah diniyah sekaligus mengingatkan betapa pentingnya belajar atau mengulangi mata pelajaran yang sudah disampaikan sebelumnya, karena pada hakikatnya takror ini adalah saran belajar untuk para santri memanfaatkan waktu guna menambah kefahaman terhadap ilmu penegetahuan secara bersama-sama.
Hasil penelitian dalam pembelajaran takror di pondok pesantren para santri sudah meningkat, akan tetapi ada sedikit kendala dalam penyampaian materi dari masing-masing pembimbing dikarenakan kondisi kelas lain rame serta cara berbicara yang kurang disiapakan saat memasuki kelas tersebut, maka dari itu pembimbing harus terus melatih cara berbicara kepada santri agar dapat mudah difahami.
Strategi Komunikasi, Pembelajaran Takror