Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepemimpinan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MIS Roudlotul Jannah Jabung Malang. Fokus utama penelitian ini mencakup tiga aspek, yaitu: strategi kepemimpinan Kepala Madrasah yang diterapkan, kompetensi pedagogik guru, serta dampak strategi kepemimpinan terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah menerapkan strategi kepemimpinan yang visioner, transformasional, demokratis, dan situasional secara terpadu dan adaptif. Strategi tersebut diwujudkan melalui penguatan visi-misi sekolah, supervisi akademik, pelatihan profesional, serta penciptaan iklim kerja yang kolaboratif dan suportif. Di sisi lain, guru di madrasah ini menunjukkan kompetensi pedagogik yang baik, ditandai dengan pemahaman karakteristik peserta didik, perencanaan pembelajaran yang adaptif, pelaksanaan pembelajaran interaktif, serta evaluasi dan refleksi yang berkesinambungan. Dukungan Kepala Madrasah melalui pendekatan transformasional berperan penting dalam membangun motivasi, komitmen, dan profesionalisme guru. Selain itu, pemanfaatan data hasil belajar siswa dalam perencanaan program pengembangan guru menjadi strategi yang efektif untuk peningkatan kompetensi secara berkelanjutan. Temuan ini menunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala Madrasah yang adaptif, kolaboratif, dan berbasis data mampu memberdayakan guru secara optimal, meskipun dalam kondisi keterbatasan sumber daya. Dengan demikian, strategi kepemimpinan yang diterapkan di MIS Roudlotul Jannah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan secara keseluruhan.
Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik.