SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Problematika Penerapan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas 4 Mi Ar-Rahmah Bendo Sukolilo Jabung Malang

Judul Skripsi : Problematika Penerapan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas 4 Mi Ar-Rahmah Bendo Sukolilo Jabung Malang
Penulis : Safira Nur Isnaini Hawa
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Prodi : pba
Angkatan : 3 (2020)
Tahun : 2024

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berada di kelas 4 MI Ar-rahmah bendo sukolilo jabung adalah kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa arab . dan juga kurangnya keaktifan siswa didalam kelas , sehingga pembelajaran terkesan monoton dan membosankan. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurang ketertarikan siswa pada Bahasa arab. Dan juga kurangnya guru dalam menggunakan model pembelajaran atau media sehingga siswa kurang termotivasi.
Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan pembelajaran model VAK dalam pembelajaran bahasa arab di kelas 4 MI Ar-rahmah bendo sukolilo jabung. Dan juga untuk mengetahui apa saja hambatan dalam penerapan model pembelajaran VAK dalam pembelajaran bahasa arab di kelas 4 MI Ar-rahmah bendo sukolilo jabung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif . Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh oleh peneliti kemudian di analisis dengan menggunakan tekhnik analisis data. Dan uji keabsahan data.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa persiapan awal sebelum melakukan pembelajaran bahasa arab menggunakan model pembelajaran vak adalah sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar perlu menyiapkan materi . Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran Bahasa arab menggunakan model vak yakni: menentukan materi yang akan dipelajari oleh peserta didik, menggunakan media sekitar untuk mempermudah pembelajaran, menjelaskan pembelajaran yang akan dilaksanakan dan memberi tahu halaman lks yang sesuai dengan materi, membatasi siswa dalam mempelajari bacaan, tanya jawab dengan siswa sesuai materi, memberi penjelasan dan evaluasi secukupnya pada akhir pembelajaran. Adapun hambatan dalam penerapan pembelajaran model vak dalam pembelajaran Bahasa arab yaitu kurangnya waktu pembelajaran, kurangnya media pendukung pembelajaran model vak, siswa yang kurang berani bertanya maupun menjawab pertanyaan guru akan semakin tertinggal dalam pencapaian KKM, guru kurang dalam menyiapkan berbagai jenis model pembelajaran dengan menggunakan media ,peserta didik hanya terpacu pada buku lks /teks bacaan.

Kata Kunci / keywords:

Problematika, Penerapan, Model Vak, Pembelajaran Bahasa Arab

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang