SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Problematika Implementasi Metode Take and Give dalam Pembelajaran Maharah Kalam Siswa Kelas XI Bahasa DI SMA Sunan Kalijogo Malang

Judul Skripsi : Problematika Implementasi Metode Take and Give dalam Pembelajaran Maharah Kalam Siswa Kelas XI Bahasa DI SMA Sunan Kalijogo Malang
Penulis : `Asa Nufa Quthrunnada,
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Prodi : pba
Angkatan : 3 (2020)
Tahun : 2024

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di
kelas XI Bahasa SMA Sunan Kaliogo Malang adalah partisipasi dan keaktifan siswa
dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab masih rendah, dapat dilihat dari ketika
kegiatan mengajar berlangsung tidak seluruh siswa bersungguh-sungguh dalam
mengikuti pembelajaran. Hal ini dikarenakan kurangnya guru dalam menciptakan
suasana kelas yang aktif. Dalam mengikuti pembelajaran sebagian siswa kurang
termotivasi. Kurang optimalnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran
seperti menjawab pertanyaan dari guru dan menaggapi pertanyaan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Take and Give dalam
maharah kalam di kelas XI Bahasa SMA Sunan Kalijogo Malang, dan untuk
mengetahui kendala dalam proses implementasi metode Take and Give dalam
pembelajaran maharah kalam di kelas XI Bahasa SMA Sunan Kalijogo Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian
studi lapangan. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh oleh peneliti kemudian di analisis
dengan menggunakan tekhnik analisis induktif. Sedangkan uji keabsahan data
menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa persiapan awal
sebelum melakukan menggunakan metode Take and Give dalam pembelajaran
maharah kalam adalah persiapan materi dan penyesuaian RPP. Yaitu dengan
menentukan materi yang akan dipelajari oleh siswa, menjelakan secara singkat
terkait materi, menjelaskan pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan
berkelompok atau individu untuk berdiskusi, membahas pertanyaan, memberi
penjelasan dan ulasan secukupnya pada akhir pembelajaran. Adapun kendala dalam
menggunakan metode Take and Give dalam pembelajaran maharah kalam yaitu,
dalam proses pembelajaran materi masih terpacu pada buku paket atau LKS,
keterbatasan waktu dan pembiasaan yang menyebabkan siswa tidak terbiasa dan
kurang percaya diri dalam berkomunikasi, minim dalam penguasaan kosakata
sehingga mempersempit komunikasi terkait materi yang ingin disampaikan dan
diterima, keterbatasan dalam penglompokan siswa sesuai kemampuan akademik
dalam pembelajaran maharah kalam.

Kata Kunci / keywords:

Implementasi, Metode, Take and Give, Maharatul kalam

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang