SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

PERAN KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS TOKO IMRON SUKOLILO DI KECAMATAN JABUNG)

Judul Skripsi : PERAN KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS TOKO IMRON SUKOLILO DI KECAMATAN JABUNG)
Penulis : Zuhrotul Ilmi
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Prodi : esy
Angkatan : 1 (2018)
Tahun : 2022

Keberhasilan suatu perusahaan dalam pengembangan bisnis dan produk sangat bergantung pada ketepatan strategi yang diterapkan. Kualitas pelayanan yang baik merupakan strategi yang dapat digunakan untuk mewujudkan keinginan dan harapan konsumen agar tercipta kepuasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan, kepuasan pelanggan, dan etika bisnis Islami yang digunakan di toko Imron Sukolilo. Survei ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, pertanyaan dan dokumentasi. Penyelidikan yang dihasilkan harus lebih akurat sehingga kita dapat menemukan solusi yang tepat ketika menyelidiki masalah. Melakukan wawancara dengan pemilik toko dan sampel sebanyak 15 konsumen. Masih terdapat bentuk pelayanan dengan kepuasan pelanggan yang rendah di toko Imron Skolilo, seperti pegawai yang kurang tanggap terhadap konsumen. Yaitu kualitas pelayanan (konkret), keandalan, daya tanggap, kedaulatan, dan empati. Dari segi kepuasan, banyak konsumen yang puas dengan kualitas dan harga produk, namun ada juga konsumen yang tidak puas karena kekurangan tenaga kerja, dan banyak yang mengantri. Gerai Imron Scorillo terus gagal mematuhi etika bisnis Islam, terbukti tidak responsif terhadap konsumen dengan mobilitas terbatas, dan menawarkan layanan di bawah standar.

Kata Kunci / keywords:

kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, etika bisnis islami

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang