Guru dalam proses pembelajaran menjadi kunci utama dimana seorang guru dapat menggerakan kelas dan peserta didiknya. Maka dari itu peran guru sebagai fasilitator dan motivator sangatlah dibutuhkan. Motivasi dapat ditumbuhkan melalui kegiatan yang menyenangkan dan memberikan reward atas keberhasilannya. Sehingga guru berusaha meningkatkan motivasinya dengan memberikan cerita orang sukses. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri Madrasah Diniyah Sunan Kalijogo Jabung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan semua peristiwa pada lapangan dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran yang penting dalam memberikan motivasi kepada santri. Karena rendahnya kesadaran dalam hal belajar maka guru harus meningkatkan kesadaran santri. Guru sebagai pendorong santri dalam rangka meningkatkan kegairahan dan pengembangan kegiatan belajar santri. Sering terjadi santri yang kurang berprestasi, hal ini bukan disebabkan karena memiliki kemampuan yang rendah, akan tetapi disebabkan tidak adanya motivasi belajar dari santri sehingga dia tidak berusaha untuk mengerahkan segala kemampuannya.
Peran Guru, Motivasi Belajar