Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan nasabah dalam memilih produk tabungan iB Hijrah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2.107 nasabah untuk pengguna produk tabungan iB Hijrah, untuk penghitungan sampel menggunakan teknik random sampling rumus Slovin dengan hasil jumlah respnden 95 nasabah. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan regresi linier berganda pada aplikasi SPSS Statistics 17.0. Hasil uji t menunjukkan bahwa variable produk memiliki t hitung sebesar 3.857 lebih besar dari ttabel yaitu 1.661 dengan signifikan 0.000 artinya variabel produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam memilih produk tabungan iB Hijrah. Untuk hasil uji t dari variabel kualitas pelayanan menunjukan t hitung sebesar 6.208 lebih besar dari t tabel yaitu 1.661 dengan signifikan 0.000 artinya variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam memilih produk tabungan iB Hijrah. Dari hasil uji F menunjukkan nilai hasil sebesar 19.294 lebih besar dari F table yaitu 3.09 dengan signifikan 0.000 sehingga dapat disimpulkan bahwa produk dan
kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam memilih produk tabungan iB Hijrah. Dari hasil prosentase determinan (R2) yang diberikan oleh variabel produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah memberikan konstribusi sebesar 29,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini sebesar 70,5%.
Produk tabungan iB Hijrah, kualitas pelayanan, dan kepuasan nasabah