SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Pengaruh Prinsip-Prinsip Syariah Dan Atribut Produk Terhadap Kepuasan Anggota Pada BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jawa Timur

Judul Skripsi : Pengaruh Prinsip-Prinsip Syariah Dan Atribut Produk Terhadap Kepuasan Anggota Pada BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jawa Timur
Penulis : Nikmatul Khusniah
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Prodi : pbsy
Angkatan : 3 (2020)
Tahun : 2024

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh prinsip-prinsip syariah dan atribut produk terhadap kepuasan anggota pada BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 10.689 anggota, dan untuk perhitungan sampel digunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin, menghasilkan jumlah responden sebanyak 99 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 23 untuk Windows. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel prinsip-prinsip syariah memiliki nilai t hitung sebesar 5,195, lebih besar dari pada t tabel yaitu 0,677, dengan nilai signifikansi 0,000, artinya variabel prinsip-prinsip syariah berpengaruh positif terhadap kepuasan anggota pada BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jawa Timur. Hasil uji t dari variabel atribut produk menunjukkan nilai t hitung sebesar 5,660, juga lebih besar daripada t tabel
0,677, dengan signifikansi 0,000, artinya variabel atribut produk berpengaruh
terhadap kepuasan anggota. Hasil uji F menunjukkan nilai sebesar 146,777, lebih
besar daripada F tabel sebesar 3,09 (146,777 > 3,09) dengan nilai signifikansi 0,000. Artinya, H0 ditolak dan H3 diterima, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa variabel prinsip-prinsip syariah dan atribut produk berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan anggota pada BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jawa Timur. Presentase koefisien determinasi (R2) adalah 0,754, yang berarti variabel-variabel atau faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota dipengaruhi oleh prinsipprinsip syariah dan atribut produk sebesar 75,4%, sedangkan 24,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor atau indikator lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci / keywords:

Prinsip-Prinsip Syariah, Atribut Produk, Kepuasan Anggota

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang