SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Tingkat Margin Terhadap Keputusan Anggota Memilih Pembiayaan Murabahah (Studi Pada BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jawa Timur)

Judul Skripsi : Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Tingkat Margin Terhadap Keputusan Anggota Memilih Pembiayaan Murabahah (Studi Pada BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jawa Timur)
Penulis : Widyanti Kusuma Wardani
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Prodi : pbsy
Angkatan : 2 (2019)
Tahun : 2023

BMT Al-Hijrah yaitu satu-satunya BMT yang berdiri di Kecamatan Jabung dengan berlandaskan syariah yang menawarkan produk pembiayaan sesuai kebutuhan anggota. Produk pembiayaan murabahah menjadi produk pembiayaan yang paling diminati oleh anggota, terutama pada pemberian fasilitas program peternak karena margin lebih rendah dan sesuai kebutuhan usaha anggotanya. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan anggota yaitu pengetahuan produk dan tingkat margin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk dan tingkat margin terhadap keputusan anggota memilih pembiayaan murabahah di BMT Al- Hijrah secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian asosiatif berbentuk kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota yang melakukan pembiayaan murabahah tahun 2023 berjumlah 3.900 orang. Teknik pengambilan sampelnya adalah Sampling Aksidental berjumlah 98 anggota dengan pembiayaan murabahah fasilitas program peternak. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda melalui aplikasi SPSS versi 23. Hasil uji t menunjukkan variabel pengetahuan produk memiliki t hitung sebesar 3,088 lebih besar dari t tabel yaitu 1,985 (3,320 > 1,985) dengan signifikansi sebesar 0,001. Nilai Standardized Coefficients variabel X1 sebesar 0,379 atau 37,9%. Artinya variabel pengetahuan produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan anggota memilih pembiayaan murabahah sebesar 37,9%. Sedangkan variabel tingkat margin memiliki t hitung sebesar 4,156 lebih besar dari t tabel yaitu 1,985 (4,156 > 1,985) dengan signifikansi sebesar 0,000. Nilai Standardized Coefficients variabel X2 sebesar 0,475 atau 47,5%. Artinya variabel tingkat margin berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan anggota memilih pembiayaan murabahah sebesar 47,5%. Nilai hasil Uji F sebesar 100,339 > 3,09 dan signifikansi 0,00 < 0,05 artinya pengetahuan produk dan tingkat margin secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan anggota memilih pembiayaan murabahah di BMT Al- Hijrah. Nilai persentase koefisien determinasi (R2) yang diberikan oleh variabel pengetahuan produk dan tingkat margin terhadap keputusan anggota memilih pembiayaan murabahah sebesar 67,9% sedangkan sisanya 32,1% yaitu variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci / keywords:

Pengetahuan Produk, Tingkat Margin, dan Keputusan Anggota.

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang