SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan MBanking (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Malang Pakis Kembar).

Judul Skripsi : Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan MBanking (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Malang Pakis Kembar).
Penulis : Retno Wulansari
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Prodi : pbsy
Angkatan : 3 (2020)
Tahun : 2024

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan,
kepercayaan, dan kemudahan penggunaan terhadap minat nasabah menggunakan layanan M-Banking. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3.200 nasabah, untuk penghitungan sampel menggunakan teknik random sampling rumus Slovin dengan hasil jumlah responden sebanyak 97 nasabah. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan regresi linier berganda pada aplikasi SPSS 23 For Windows. Hasil Uji t menunjukkan bahwa variabel pengetahuan memiliki t hitung sebesar 4.005 lebih besar dari t tabel yaitu 1.985 dengan signifikansi 0.000 artinya variabel pengetahuan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan layanan M-Banking. Untuk hasil uji t dari variabel kepercayaan menunjukkan t hitung sebesar 1.129 lebih kecil dari t tabel yaitu 1.985 dengan signifikansi 0.1985 artinya variabel kepercayaan tidak berpengaruh terhadap
minat nasabah menggunakan layanan M-Banking. Selanjutnya pada hasil uji t pada variabel kemudahan penggunaan memiliki t hitung sebesar 2.825 lebih besar dari t tabel yaitu 1.985 dengan signifikansi 0.006 artinya variabel kemudahan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan M-Banking. Dari hasil uji F menunjukkan nilai hasil sebesar 44.269 lebih besar dari F tabel yaitu 2.70 dengan signifikan 0.000 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengetahuan, kepercayaan dan kemudahan penggunaan secara simultan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan layanan M-Banking di Bank Syariah KCP Malang Pakis Kembar. Dari hasil prosentase determinasi (R2) yang diberikan oleh variabel pengetahuan, kepercayaan dan kemudahan penggunaan terhadap minat nasabah memberikan kontribusi sebesar 58.8% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini sebesar 41.2%.

Kata Kunci / keywords:

pengetahuan, kepercayaan, kemudahan penggunaan, minat nasabah

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang