Beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah diantaranya dipengaruhi oleh pelayanan prima, etika bisnis, dan fasilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima, etika bisnis islam, dan fasilitas terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat KCU Malang baik secara parsial maupun silmutan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. populasi dalam penenlitian ini adalah nasabah Bank Muamalat KCU Malang pada tahun 2023 yang berjumlah 5040 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 98 nasabah. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 25 For Windows. Hasil penelitian ini berdasarkan uji t menunjukkan bahwa variabel pelayanan prima memiliki sebesar 2,609 lebih besar dari t tabel yaitu 1,985 (2,609 > 1,985) dengan signifikansi 0,011. Artinya variabel pelayanan prima berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kemudian etika bisnis Islam memiliki t hitung 1,749 lebih kecil dari t tabel yaitu 1,985 (1,749 < 1,985) dengan signifikansi 0,084. Artinya variabel etika bisnis Islam tidak berpengaruh secara parsial atau tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan variabel fasilitas memiliki t hitung sebesar 7,425 lebih besar dari t tabel yaitu 1,985 (7,425 > 1,985) dengan signifikansi 0,000. Artinya variabel fasilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dari hasil uji F nilainya sebesar 95,202 lebih besar dari F tabel yaitu 2,70 (95,202 > 2,70) dengan signifikansi 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelayanan prima, etika bisnis Islam dan fasilitas secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat KCU Malang. Adapun sumbangan presentase determinasi (R2) yang diberikan oleh variabel pelayanan prima, etika bisnis Islam, dan fasilitas terhadap kepuasan nasabah memberikan kontribusi sebesar 75,4%, sedangkan sisanya (100% - 75,4%) adalah 24,6% menunjukkan dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Pelayanan Prima, Etika Bisnis Islam, Fasilitas, dan Kepuasan Nasabah