SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

PENGARUH MOTIVASI DAN KEBUTUHAN KONSUMEN TERHADAP DAYA PILIH PRODUK KOSMETIK BERLABEL HALAL PADA PELAJAR TINGKAT MENENGAH

Judul Skripsi : PENGARUH MOTIVASI DAN KEBUTUHAN KONSUMEN TERHADAP DAYA PILIH PRODUK KOSMETIK BERLABEL HALAL PADA PELAJAR TINGKAT MENENGAH
Penulis : Fivin Emilda Aprilia
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Prodi : esy
Angkatan : 4/ 2021
Tahun : 2025

Meningkatnya kesadaran remaja terhadap pentingnya pemakaian produk kosmetik yang dapat meningkatkan kecantikan dan penampilan mereka, namun mayoritas remaja lebih sering menggunakan kosmetik hanya berdasar pada mengikuti trend secara sembarangan tanpa mempertimbangkan dampak yang akan dialami. Sesuai dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap daya pilih produk kosmetik berlabel halal pada pelajar tingkat menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 127 responden remaja putri berusia 12–18 tahun di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Jabung yang menggunakan produk dari PT. Paragon Technology and Innovation. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item instrumen penelitian valid dan reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha masing-masing variabel berada di atas 0,7 yang artinya nilai ini diatas standart ukurannya yaitu 0,6. Uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa motivasi konsumen (X1) dengan nilai hasil uji 0,253 dan kebutuhan konsumen (X2) dengan nilai hasil uji 0,476 dengan nilai signifikan 0,001 berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya pilih (Y), baik secara parsial maupun simultan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden memilih produk PT Paragon Technology and Innovation karena kualitas, kehalalan, harga terjangkau, kemudahan penggunaan, serta pengaruh sosial seperti rekomendasi teman dan tren lingkungan. Selain itu motivasi dan kebutuhan konsumen secara bersama-sama memengaruhi daya pilih produk kosmetik halal.

Kata Kunci / keywords:

Motivasi Konsumen, Kebutuhan Konsumen, Daya Pilih

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang