SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

PENGARUH MINAT DAN KARAKTER GEN Z DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI KREATIF DI ERA DIGITAL

Judul Skripsi : PENGARUH MINAT DAN KARAKTER GEN Z DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI KREATIF DI ERA DIGITAL
Penulis : Ahmad Zainur Rozikin
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Prodi : esy
Angkatan : 4/ 2021
Tahun : 2025

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan karakter Generasi Z dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di era digital. Fokus penelitian ini adalah pada pemuda organisasi IPNU dan IPPNU di Kecamatan Jabung yang termasuk dalam kategori Generasi Z. Generasi ini memiliki ciri khas yang dekat dengan teknologi digital, kreatif, serta cenderung tertarik untuk menciptakan peluang usaha baru secara mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 86 responden yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan karakter Gen Z secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif di era digital. Minat mendorong keterlibatan dalam aktivitas kreatif, sedangkan karakter seperti tanggung jawab, kejujuran, dan disiplin menjadi faktor pendukung dalam keberlangsungan usaha kreatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Generasi Z memiliki potensi besar dalam pengembangan ekonomi kreatif di era digital jika diarahkan dan difasilitasi dengan baik.

 

Kata Kunci / keywords:

Minat, Karakter, Generasi Z, Ekonomi Kreatif, Era Digital

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang