Penelitian ini dilakukan di SMP Sunan Kalijogo 2 Jabung Malang dengan tujuan untuk
menjelaskan pengaruh dan efektivitas metode Talking Stick terhadap keterampilan
berbicara bahasa Arab. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat peserta
didik dalam pembelajaran bahasa arab dan kurangnya metode pembelajaran yang
mendukung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
jenis pendekatan eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes
tulis (pre-test) dan( post-test). Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan terdapat
pengaruh yang signifikasi terhadap penggunaan metode talking stick terhadap
keterampilan berbicara bahasa arab di kelas VIII C SMP Sunan Kalijogo 2 Jabung. Hal
ini dibuktikan dengan nilai jumlah kelas eksperimen pada pre-test 1770 dan post-test
3478. Sedangkan nilai rata-rata pada pre-test 44,25 dan post-test 86,95. Data di uji
normalitas dengan hasil data berdistribusi normal. Kemudian data di uji homogenitas
dengan hasil 0,303 > 0,005 maka data dinyatatakan data bersifat homogen atau
memiliki variasi yang sama. uji hipotesis menggunakan uji T-Test dengan hasil data
0,000 < 0,005 yang berari penelitian menunjukkan 𝐻o ditolak dan 𝐻1 diterima.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Talking Stick memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa.
Berdasarkan hasil uji statistik yang dilakukan, terdapat perbedaan yang nyata dalam
kemampuan berbicara antara kelompok siswa yang menggunakan metode Talking
Stick dengan yang tidak menggunakannya.
Metode Talking Stick, Keterampilan Berbicara, Bahasa Arab