Kurangnya penguasaan mufradat dan pembiasaan latihan berbicara bahasa arab menyebabkan siswa sulit dalam pembelajaran maharah kalam. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh metode mumarasah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran maharah kalam pada siswa kelas VIII B SMP Sunan Kalijogo 2 Jabung Kalijogo Jabung Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh dan efektivitasan metode mumarasah pada peningkatan pembelajaran maharah kalam. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen dengan tehnik pengumpulan data menggunakan tes tulis (pretst-posttest). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1)Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode mumarasah untuk meningkatkan maharah kalam di kelas VIII B SMP Sunan Kalijogo 2 Jabung Kalijogo Jabung Malang. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil tes dari kelas VIII B mendapat nilai dari rata-rata 45 meningkat menjadi 89 . Berdasarkan hasil pengujian uji T yang berarti yang telah dlakukan, diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05) yang berarti Ha (hipotesis kerja) dalam penelitian ini diterima. 2)Nilai efektivitas metode mumarasah memperoleh hasil 84,0185dari perhitungan effect size dengan kategori efektif sehingga dapat diartikan bahwa metode mumarasah dapat meningkatkan maharah kalam di kelas VIII B SMP Sunan Kalijogo 2 Jabung Malang.
Metode pembelajaran, mumarasah, maharah kalam.