Keberhasilan jangka panjang suatu perusahaan ditentukan oleh kemampuannya
untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggannya. Dalam hal ini,
BMT Al-Hijrah KAN Jabung syariah merupakan salah satu bidang usaha yang
dikelola oleh KAN JABUNG. KAN JABUNG memiliki beberapa bidang usaha
diantaranya yaitu bidang usaha retail, bisnis sapi perah, bisnis keuangan syariah,
bisnis manufaktur, bisnis angkutan, dan bisnis pertanian, jadi BMT Al-Hijrah ini
mempunyai pangsa pasar yang cukup banyak, maka dari itu BMT Al-Hijrah KAN
Jabung syariah harus memperhatikan kualitas produk dan reletionship quality
untuk meningkatkan loyalitas anggotanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada pengaruh kualitas produk dan relationship quality
terhadap loyalitas anggota BMT Al-Hijrah Kan Jabung Syari’ah Jatim). Penelitian
ini diharapkan dapat memberikan informasi, ilmu pengetahuan dan gambaran
yang berkaitan dengan kualitas produk, relationship quality, dan loyalitas.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Sebanyak 98 sampel atau 98 responden diambil dari jumlah populasi sebanyak 4.897. Penghitungan jumlah sampel ini menggunakan rumus Slovin. Hasil uji t dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas produk (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, sedangkan variabel
relationship quality (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas. Sedangkan hasil F menunjukan bahwa bahwa kualitas produk
dan relationship quality berpengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap
loyalitas anggota BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jatim.
Kualitas produk, relationship quality, loyalitas