Kinerja guru dipengaruhi oleh kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian seorang guru. Kinerja guru merupakan pokok penting dalam proses pembelajaran untuk mengahasilkan siswa yang berprestasi maka, kinerja guru harus sesuai standar yang telah ditentukan. Penelitian ini dilakukan di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang, SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang merupakan lembaga pendidikan dengan akreditasi B dan dikategorikan memiliki prestasi siswa yang baik. karena mampu meraih beberapa juara akademik maupun non akademik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat pengaruh (regresi). Dengan jenis non eksperimen deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh karena semua anggota populasi dipilih sampel yaitu seluruh guru dan tenaga kependidikan yang berjumlah 28 responden dengan tabel error 5%. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan analisis data menggunakan rumus statistik regresi linear berganda, uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini adalah kinerja guru di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang dipengaruhi oleh kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian dengan signifikan dilihat dari hasil uji yang telah dilakukan. Kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 5,312>1,705 dan taraf signifikasi t lebih kecil 0,000<0,05. Kompetensi kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 3,317>1,705 dan taraf signifikasi t lebih kecil sebesar 0,003<0,05. Kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang dengan nilai F lebih besar dari Ftabel sebesar 15,560>1,705 dengan signifikasi sebesar 0,000<0,05.
Kesimpulan dari hasil penelitian Kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 5,312>1,705 dan taraf signifikasi t lebih kecil 0,000<0,05. Kompetensi kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 3,317>1,705 dan taraf signifikasi t lebih kecil sebesar 0,003<0,05. Kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang dengan nilai F lebih besar dari Ftabel sebesar 15,560>1,705 dengan signifikasi sebesar 0,000<0,05.
Kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kinerja guru.