SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK, NILAI TAKSIRAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK GADAI EMAS DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) MALANG PAKIS KEMBAR

Judul Skripsi : PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK, NILAI TAKSIRAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK GADAI EMAS DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) MALANG PAKIS KEMBAR
Penulis : Estevania Putri Julita
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Prodi : pbsy
Angkatan : 4/ 2021
Tahun : 2025

Meningkatnya minat masyarakat terhadap produk gadai emas menjadi fenomena yang menarik untuk dikaji karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Hal ini di buktikan dengan meningkatnya jumlah omset gadai emas tercatat sebesar Rp13,3 triliun atau naik 22,1% (yoy) yang sesuai dengan data pembukuan tahunan BSI, namun belum diketahui secara pasti faktor mana yang paling dominan memengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk gadai emas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh keunggulan produk, nilai taksiran, dan promosi terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk gadai emas di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Malang Pakis Kembar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BSI KCP Malang Pakis Kembar yang menggunakan produk gadai emas dengan jumlah 150 nasabah. Sampel pada penelitian ini berjumlah 150 orang yang dijadikan responden melalui teknik total sampling dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial keunggulan produk, nilai taksiran, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut juga berpengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa produk gadai emas BSI KCP Malang Pakis Kembar mampu menarik keputusan nasabah melalui keunggulan layanan, nilai taksiran yang adil, serta strategi promosi yang efektif seperti media sosial dan penyuluhan langsung. Secara teoritis, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan pengetahuan mengenai pengaruh keunggulan produk, nilai taksiran, dan promosi terhadap keputusan nasabah di perbankan syariah. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi bank syariah dalam mengembangkan produk gadai, serta menjadi referensi bagi nasabah untuk lebih selektif dalam memilih layanan sesuai kebutuhan.

 

Kata Kunci / keywords:

Keunggulan Produk, Nilai Taksiran, Promosi, Keputusan Nasabah, Gadai Emas, Bank Syariah Indonesia

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang