Mutu pendidikan tetap menjadi isu penting bagi sekolah-sekolah di Indonesia, dan di pendidikan tinggi, menengah dan dasar. Maka, alasan penelitian ini dilakukan agar dapat memotivasi kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di lembaga yang dikelolanya dan memotivasi guru agar mengembangkan profesionalitas kinerjanya dalam proses pembelajaran. Karena mutu pendidikan di indonesia umumnya masih tergolong rendah dari beberapa negara di Asia. Adapun alasan mendasar pada penelitian ini agar dapat membantu memperbaiki mutu pendidikan di indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan di SMK Sunan Kalijogo Jabung Malang memiliki mutu pendidikan yang baik dengan terakreditasi B.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat pengaruh (regresi). Dengan jenis non eksperimen deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh karena semua anggota populasi dipilih sampel yaitu seluruh guru dan tenaga kependidikan yang berjumlah 41 responden dengan tabel error 5%. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan analisis data menggunakan rumus statistik regresi linear berganda, uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini adalah mutu pendidikan di SMK Sunan Kalijogo Jabung Malang dipengaruhi oleh kepemimpinnan kepala sekolah dan profesionalitas kinerja guru dengan signifikan dilihat dari hasil uji yang telah dilakukan. Nilai uji t ha(1) yaitu (6,153>1,685) dan ha(2) yaitu (6,153>3,334), nilai uji F fhitung>ftabel yaitu (18,625>3,24). Didukung dengan nilai R2 yaitu 75% dipengaruhi oleh variabel yang diteliti dan 25% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
Kesimpulan dari hasil penelitian menegaskan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan dengan nilai thitung > ttabel sebesar 6,153>1,685 dan taraf signifikasi t lebih kecil 0,000<0,05 dan 3,334>1,685 dan taraf signifikasi t lebih kecil sebesar 0,002<0,05. Kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan SMK Sunan Kalijogo Jabung Malang dengan didukung oleh angka. Sig = 0,000 yang artinya < 0,05. Hasil uji-F juga didukung: Fhitung > Ftabel yaitu 18,625 lebih besar dari 0,324.
kepemimpinan kepala sekolah, profesionalitas kinerja guru, mutu pendidikan.