SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Pengaruh Influencer Marketing Skincare Terhadap Customer Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi Pada Platform Media Sosial Dalam Perspektif Ekonomi Islam.

Judul Skripsi : Pengaruh Influencer Marketing Skincare Terhadap Customer Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi Pada Platform Media Sosial Dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Penulis : Tharisa Ilma
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Prodi : esy
Angkatan : 3 (2020)
Tahun : 2024

Semakin pesatnya perkembangan teknologi dan industri, terutama dalam
pemasaran produk skincare melalui media sosial, influencer marketing menjadi
strategi populer untuk mempengaruhi niat beli konsumen, dengan brand image
sebagai variabel mediasi yang penting.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing skincare
terhadap niat beli konsumen dengan citra merek sebagai variabel mediasi dalam
perspektif Islam.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui
kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang aktif menggunakan media
sosial. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi dan uji sobel
untuk menguji pengaruh mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer
marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek (brand
image). Selain itu, influencer marketing juga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap niat beli konsumen. Citra merek terbukti memediasi pengaruh influencer
marketing terhadap niat beli konsumen.
Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan influencer dalam pemasaran skincare
dapat meningkatkan citra merek, yang pada gilirannya meningkatkan niat beli
konsumen.
Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi perusahaan skincare untuk lebih
selektif dalam memilih influencer yang sesuai dengan citra merek mereka dan
memanfaatkan media sosial secara efektif. Selain itu, penelitian ini juga memberikan
kontribusi teoretis dengan mengintegrasikan perspektif Islam dalam studi
pemasaran.

Kata Kunci / keywords:

Influencer Marketing Skincare, Customer Purchase Intention,Brand
Image, Media Sosial, Perspektif Islam.

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang