SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Pengaruh Fear Of Missing Out (Fomo), Gaya Hidup, Dan Kontrol Diri Terhadap Impulsive Buying Di E-Commerce (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang)

Judul Skripsi : Pengaruh Fear Of Missing Out (Fomo), Gaya Hidup, Dan Kontrol Diri Terhadap Impulsive Buying Di E-Commerce (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang)
Penulis : Sofyan Akhmad Ariz
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Prodi : esy
Angkatan : 3 (2020)
Tahun : 2024

Perilaku pembelian impulsif merupakan tindakan membeli yang dilakukan tanpa
perencanaan sebelumnya dan sering kali dipengaruhi oleh faktor psikologis serta
sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Fear of Missing Out
(FOMO), gaya hidup, dan kontrol diri terhadap perilaku impulsive buying di e-
commerce pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam
Sunan Kalijogo Malang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal
komparatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random
sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 63 mahasiswa. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi
25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fear of Missing Out (FOMO) (X1) secara parsial
tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying (Y) dengan nilai
signifikansi sebesar 0.003. Gaya hidup (X2) secara parsial juga tidak berpengaruh
signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.045. Sebaliknya, kontrol diri (X3)
berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying (Y) dengan nilai
signifikansi sebesar 0.091. Secara simultan, ketiga variabel ini (Fear of Missing Out
(FOMO), gaya hidup, dan kontrol diri) berpengaruh signifikan terhadap perilaku
impulsive buying sebesar 29,8%, sedangkan sisanya 70,2% dipengaruhi oleh faktor
lain di luar penelitian ini.

Kata Kunci / keywords:

Fear of Missing Out (FOMO), Gaya Hidup, Kontrol Diri, Impulsive
Buying

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang