SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

PENERAPAN MEDIA FLASH CARD DALAM MATERI ILMU SHOROF PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AR-ROUDHOH JABUNG

Judul Skripsi : PENERAPAN MEDIA FLASH CARD DALAM MATERI ILMU SHOROF PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AR-ROUDHOH JABUNG
Penulis : Umniatur Rohimah
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Prodi : pba
Angkatan : 4/ 2021
Tahun : 2025

Pokok pembahasan pada penelitian ini adalah Penerapan Media Media Flash card dalam Materi Ilmu Shorof Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Ar-Roudhoh Jabung yang memiliki rumusan masalah: 1. Bagaimana Penerapan Media Flash card dalam Materi Ilmu Shorof Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Ar-Roudhoh Jabung? 2. Bagaimana hasil dari Penerapan Media Media Flash card dalam Materi Ilmu Shorof Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Ar-Roudhoh Jabung?. Yang bertujuan untuk mengetahui cara dan juga hasil dari keberhasilan guru dalam menerapkan Media Media Flash card dalam Materi Ilmu Shorof Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif berjenis deskriptif yang melakukan pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh peneliti bersumber dari data primer, yaitu data yang diperoleh dari kepala sekolah, guru mata pelajaran dan siswa-siswi kelas VII MTs Ar-Roudhoh melalui wawancara dan juga dari data sekunder, yaitu data tambahan yang diperoleh dari interasi secara tidak langsung seperti melalui jurnal ilmiah, dokumen arsip, buku ilmiah dan dokumen resmi lainnya.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media flash card dalam materi ilmu shorof ini merupakan cara guru dalam mengatasi rasa bosan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan juga mempermudah siswa dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Untuk hasil dari penerapan media flash card dalam materi ilmu shorof ini adalah siswa merasa senang dan lebih mudah dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru, minat siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan guru dengan menerapkan media flash card ini dan ada juga siswa yang lebih fokus dalam memperhatikan saat guru menjelaskan materi.

 

Kata Kunci / keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab, Materi Ilmu Shorof, Media flash card

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang