Kualitas pendidikan di madrasah dapat ditingkatkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai dengan standar pemerintah. Dengan manajemen sarana dan prasarana yang baik, fasilitas pendidikan dapat selalu siap digunakan, sehingga proses belajar mengajar berjalan efisien dan mencapai tujuan pendidikan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, berfokus pada data keterangan subyek dan uraian kata-kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di MI Al Marhamah Gunung Kunci Jabung Malang, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen sarana dan prasarana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan manajemen sarana dan prasarana di MI Al Marhamah Gunung Kunci Jabung Malang dilakukan melalui perencanaan dengan musyawarah untuk memahami kebutuhan yang diperlukan, serta pengadaan yang di mulai dengan guru mengusulkan kebutuhan kepada wakil kepala sekolah yang bertanggung jawab atas sarana dan prasarana, selanjutnya pemeliharaan dan penghapusan dilakukan secara kolektif oleh seluruh masyarakat madrasah. Faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Al Marhamah Gunung Kunci yaitu adanya dukungan dari masyarakat. Namun, dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ada faktor penghambat yang lebih dominan daripada faktor pendukung, yaitu keterbatasan dana menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Al Marhamah.
Manajemen Sarana Prasarana, Kualitas Pembelajaran