Skripsi ini mengangkat masalah mengenai “Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisisplinan Peserta Didik Di SMK Sunan Kalijogo Jabung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen kesiswaan yang ada di SMK Sunan Kalijogo Jabung, Kedisiplinan peserta didik di SMK Sunan Kalijogo Jabung, dan upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMK Sunan Kalijogo Jabung. Metode penelitian yang digunakan peneliti merupakan metode penelitian lapangan. Penelitian lapangan merupakan metode pilihan (Field Research). Penulis memanfaatkan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Reduksi data, visualisasi data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi digunakan sebagai metode deskriptif kualitatif untuk memeriksa data yang terkumpul.
Berikut adalah Hasil penelitian di SMK Sunan Kalijogo Jabung menunjukkan bahwa: 1) manajemen kesiswaan yang ada di SMK Sunan Kalijogo Jabung meliputi
kegiatan Perencanaan, Pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian dan Evaluasi. 2)
kedisiplinan peserta didik di SMK Sunan Kalijogo Jabung masih sangatlah kurang baik. Hal ini terlihat dari perilaku peserta didik yang terus sering datang terlambat ke sekolah dengan berbagai macam alasan. 3) upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMK Sunan Kalijogo Jabung adalah dengan cara menggunakan kegiatan pembinaan terhadap peraturan di sekolah, dengan melaksanakan kegiatan masa oreientasi siswa (MOS) sebagai kegiatan pembinaan.
Mempertahankan disiplin yang konstan adalah tantangan karena kurangnya dukungan dari peserta didik itu sendiri yang membuat tidak mudah melakukan
kedisiplinan. Kesadaran dan bimbingan akan pentingnya kedisiplinan harus selalu
ditanamkan kepada peserta didik dengan cara membiasakan peserta didik dengan menjaga sikap kesetiaan, ketertiban dan ketaatan tata tertib di sekolah.
Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan, dan Peserta Didik