Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala
sekolah dan peran kepala sekolah di TK Dharma Wanita Persatuan Sukolilo
Jabung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data
dikumpulkan melalui, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah TK Dharma Wanita Persatuan
Sukolilo Jabung Malang menerapkan gaya kepemimpinan yang beragam,
termasuk gaya visioner, demokratis, dan edukasi. Gaya kepemimpinan yang
digunakan secara fleksibel tergantung pada situasi dan kebutuhan. Kepala
sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk lingkungan kerja
yang kondusif untuk meningkatkan profesionalisme guru. Penerapan gaya
kepemimpinan visioner terlihat dalam upaya Kepala sekolah mampu
menginspirasi dan memotivasi guru – guru di sekolah. Gaya kepemimpinan
demokratis yaitu Kepala sekolah sering mengajak para guru untuk
bermusyawarah dalam kegiatan sekolah. Sedangkan gaya edukasi Kepala
sekolah memberikan bimbingan dan pelatihan langsung, membantu guru dan
tenaga kependidikan mengembangkan kemampuan mereka. Kesimpulannya,
gaya kepemimpinan kepala sekolah berperan penting dalam meningkatkan
profesionalisme guru di TK Dharma Wanita Persatuan Sukolilo Jabung Malang.
Implikasi penelitian ini adalah perlunya dukungan yang berkelanjutan dalam
pengembangan keterampilan kepemimpinan kepala sekolah untuk menciptakan
lingkungan kerja yang mendukung pertumbuhan profesional guru.
Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, TK
Dharma Wanita Persatuan