SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Implementasi Media Kitab Madarij Al Durus Al ‘Arabiyyah Juz 4 Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas Vi Madrasah Diniyah Pesantren Roudhotul Ulum Putri Besuk Kejayan Pasuruan

Judul Skripsi : Implementasi Media Kitab Madarij Al Durus Al ‘Arabiyyah Juz 4 Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas Vi Madrasah Diniyah Pesantren Roudhotul Ulum Putri Besuk Kejayan Pasuruan
Penulis : Zahrotul Mubariroh
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Prodi : pba
Angkatan : 3 (2020)
Tahun : 2024

Kitab Madarij Al Durus Al ‘Arabiyyah merupakan salah satu kitab yang dijadikan sebagai media pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Roudhotul Ulum Putri Besuk Kejayan Pasuruan sebagai kurikulum wajib pesantren. Kitab ini memuat berbagai materi bahasa Arab tentang kosakata & percakapan sehari-hari yang akan melatih keterampilan bahasa Arab para santri dari maharah istima’, kalam, qiro’ah, dan kitabah dengan dilengkapi gambaran karikatur yang akan memudahkan santri untuk memahami maknanya. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana implementasi media kitab Madarij Al Durus Al ‘Arabiyyah dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VI Madrasah Diniyah Pesantren Roudhotul Ulum Putri Besuk Kejayan Pasuruan ? 2. Apa saja kkendala yang dihadapi dalam proses implementasi media kitab Madarij Al Durus Al ‘Arabiyyah dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VI Madrasah Diniyah Pesantren Roudhotul Ulum Putri Besuk Kejayan Pasuruan ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan kendala yang dihadapi dalam proses implementasi media kitab Madarij Al Durus Al ‘Arabiyyah dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VI Madrasah Diniyah Roudhotul Ulum Putri Besuk Kejayan Pasuruan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh oleh peneliti kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis induktif. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dilakukan secara konsisten dan sistematis sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran mulai dari pendahuluan, kegiatan inti hingga penutup. 2) Setiap pertemuan guru membuat perencanaan mengenai strategi pembelajaran, metode , media, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab sehingga diharapkan peserta didik bisa dan mampu memahami dan menguasai materi dengan baik dan benar.

Kata Kunci / keywords:

Pembelajaran, bahasa Arab, media, kitab Madarij Al Durus Al ‘Arabiyyah

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang