Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan manajemen peserta didik di SMP Sunan Kalijogo 1 Jabung. (2) Prestasi belajar pesertadidik di SMP Sunan Kalijogo 1 Jabung Malang. (3) Implementasi manajemen pesertadidik dalam meningkatkan prestasi belajar di SMP Sunan Kalijogo 1 Jabung Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan paradigma deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, Wkm kesiswaan, tata usaha dan guru. teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data dengan menggunakan model Mile danHuberman. Teknik keabsahan data dengan kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan komfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Penerapan manajemen peserta didik dengan memberikan pelayanan, pembinaan dan pengawasan kepadapeserta didik.
(2) upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan mendukung dan mengembangakan potensi yang dimiliki. (3) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan memberikan kesempatan penuh kepada siswa Upaya yang dilakukan salah satuny adengan merancang program sekolah yang berbasis religi.
Manajemen Peserta Didik, Prestasi Belajar.