Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunakan media pembelajaran yang dapat
menunjang dalam meningkatkan kemahiran membaca kitab kuning Santri terutama
di Pondok Pesanren Al-Mubarok Al-Arba’in Demak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui Implementasi dan kendala penerapan Kitab Al Aba’in fii Al-Nahwi Wa
Al-Shorfi Dalam Meningkatkan Kemahiran Membaca Kitab Kuning Pada Santri Kelas
2 Wustho Putri Pondok Pesanren Al Mubarok Demak. Jenis Penelitian ini
menggunakan penelitian Lapangan dengan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Adapun
objek penelitian ini adalah Implementasi Kitab Al-Arba’in fii Al Nahwi wa Al Shorfi.
Sedangkan subjek penelitian ini adalah Pengasuh Pondok Pesantren, Ustadz
pengajar dan santri kelas 2 wustho. Data yang diperoleh dengan metode
observasi,wawancara, dan dokumentasi. Menganalisi data dengan analisis data
induktif dan uji keabsahan data dengan triangualsi. Hasil penelitian ini yaitu
pelaskanaan pembelajaran Kitab AL-Arba’in fii al Nahwi wa Al Shorfi dalam
meningkatkan kemahiran membaca kitab kuning dilaksanakan sebanyak 6 kali
pertemuan dalam sehari dengan target 61 halaman selesai dalam 40 hari. Setelah
pembelajaran kitab Al-Arba’in selesai, santri menyetorkan hasil hafalannya melalui
media sosial sebanyak 3 kali dalam sehari dan melanjutkan mengkaji Kitab Kuning
jika setoran Kitab Al Arba’in telah selesai dan memahaminya. Adapun kendala dalam
Implementasi Kitab Al-Arba’in ini yaitu mengenai faktor internal dan eksternal
seperti latar belakang santri, Motivasi dan minat belajar serta kurangnya melakukan
praktik langsung dalam membaca.
Implementasi, Kitab Al Arba’in Fii Al Nahwi Wa Al Shorfi, Kitab Kuning.