Kehidupan di pesantren dikenal dengan pembentukan kedisiplinan dan kemandirian santrinya. Kedisiplinan merupakan serangkaian perilaku yang menunjukkan sikap taat patuh dan tertib mengikuti nilai, norma dan aturan yang berlaku. Kedisiplinan dipengaruhi hal-hal terkait pengaruh eksternal seperti pola asuh demokratis dan dipengaruhi oleh hal-hal terkait faktor internal seperti kecerdasan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedidiplinan dengan kemandirian belajar santri. pada santri Pondok Pesantren Sunan kalijogo Jabung, malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah 132 santri. Berdasarkan perhitungan dengan rumus Slovin diperoleh 99 responden penelitian yang dipilih melalui angket kuosioner. Data penelitian diperoleh melalui dua skala, yaitu skala kedisiplinan dengan reliabilitas 0,749, skala kemandirian belajar dengan reliabilitas 0,743. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan kemandirian belajar santri, Semakin meningkatnya sikap kedisiplinan seseorang maka akan diikuti dengan semakin meningkatnya sikap kemandirian dalam belajarnya. Sebaliknya, semakin rendahnya sikap kedisiplinan maka akan semakin rendah pula sikap dalam kemandirian belajarnya juga. Ditunjukkan dengan hasil analisis korelasi ditemukan koefisien korelasi 0.767 dengan signifikansi P value = 0,000.
Kedisiplinan santri, Kemandirian belajar santri.