Kepercayaan diri merupakan kunci motivasi diri. Karena individu tidak dapat menjalani hidup dengan baik tanpa kepercayaan diri. Efektivitas, keyakinan pada diri sendiri baik itu tingkah laku, emosi dan kerohaniaan yang bersumber dari hati nurani untuk mampu melakukan segala sesuatu sesuai dengan kemampuan percaya diri yang baik.Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas bimbingan klasikal menggunakan teknik sosiodrama untuk menigkatkan kepercayaan diri peserta didik di MTS ISLAMIYAH Sukopuro. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis one group pretest-posttest yang dimana sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di Mts Islamiyah Sukopuro dengan menggunakan Teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan klasikal. Metode penggumpulan data disini menggunakan angket juga dokumen foto-foto. Berdasarkan hasil penelitian, hasil rata-rata skor kepercayaan diri sebelim diberikan treatment (pretest) 64,6. Sedangkan hasil setelah mengikuti layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan Teknik sosiodrama mengalami peningkatan menjadi 93,2. Dari hasil uji-T Independent non parametrik mengunakan SPSS versi 24 diperoleh nilai asymp sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0,000 lbh dr 0,005). Maka dengan demikian kepercayaan diri peserta didik terdapat perubahan setelah diberikan layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan tekniksosidrama. Jadi ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan Teknik sosiodrama efektiv dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik di MTS ISLAMIYAH Sukopuro.
Bimbingan Klasikal, Teknik sosiodrama, Kepercayaan diri