Perkembangan teknologi digital, khususnya internet, telah mengubah cara kita berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia. Platform Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang sangat populer dan berkembang pesat, memungkinkan jutaan orang untuk saling berinteraksi tanpa batasan jarak, ruang, dan waktu. Semakin cepatnya arus informasi di era digital memungkinkan kita untuk terhubung dengan lebih banyak orang dan memperluas jaringan sosial secara global. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang berbentuk naratif deskriptif dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata. Subyek penelitian ini adalah siswa SMA Sunan Kalijogo Jabung. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu naratif deskriptif, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui motif penggunaan media sosial Instagram bagi siswa SMA Sunan Kaljogo Jabung (2) mengetahui mengetahui dampak penggunaan media sosial Instagram bagi siswa SMA Sunan Kaljogo Jabung. Berdasarkan hasil penelitian penelitian ini, Teori Uses and Gratifications digunakan untuk menggambarkan beragam motif yang mendorong siswa dalam penggunaan media sosial Instagram, yakni mencari informasi, meperluas pertemanan, mengikuti trend dan mengekpresikan diri. Penelitian ini mengaitkan dampak penggunaan media sosial Instagram pada siswa dengan Teori Uses and Effects. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial Instagram memiliki dampak positif, yaitu Peningkatan pembelajaran, inspirasi atau motivasi dan pengembangan bakat seperti berbisnis . Sedangkan dampak negatifnya mencakup potensi kecanduan, resiko cyberbullying, dan gangguan dalam konsentrasi belajar.
Media sosial, Instagram