Faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan Mobile banking
adalah risiko dan Handling Complaint. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis risiko dan Handling Complaint serta menganalisis Pengaruh Risiko dan Handling Complaint secara simultan maupun parsial terhadap minat nasabah menggunakan Mobile banking. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah PT Bank Syariah Indonesia KCP Malang Pakis Kembar yang menggunakan Mobile banking sejumlah 3.200 orang, dengan sampel sebanyak 97 responden menggunakan Teknik random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS tipe 17 for windows. Perhitungan sampel dalam peneleitian ini menggunakan technic random sampling dan rumus Slovin. Hasil uji t menunjukkan t hitung yakni pengaruh variabel risiko
ebesar 2.986, dan variabel Handling Complaint sebesar 3.344. nilai duanya lebih besar dari t tabel yakni 1.661. Artinya, kedua variabel berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking di PT Bank Syariah Indonesia KCP Malang Pakis Kembar. Sedangkan untuk hasil uji F Menunjukkan hasil t hitung sebesar 19.472 dengan signifikansi 0.000 dan lebih besar dari t tabel yakni 2.70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel Risiko dan Handling Complaint secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan Mobile banking (Y) di PT Bank Syariah Indonesia KCP Malang Pakis Kembar. Dari hasil presentase koifisien determinasi (R2) adalah sebesar 0.418 yang artinya 41.8% variabel Minat Nasabah menggunakan Mobile banking dipengaruhi oleh variabel risiko dan Handling Complaint. Sisanya, yakni 100%-41.8% atau 58.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Risiko Handling Complaint,Mobile banking