Penelitian ini membahas tentang peran dari guru BK dalam mengatasi perilaku bullying yang terjadi di kelas 11 IPS di SMA Sunan Kalijogo Jabung, dengan pokok masalah peran guru BK dalam mengatasi bullying verbal maupun non verbal yang terjadi pada siswa. Dengan tujuan untuk mengetahui program BK yang dijalankan, mengetahui berjalannya bimbingan dan konseling pada siswa yang terkena masalah bullying dan dampak yang ditimbulkan dari bullying. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif, dengan pendekatan analisis deskriptif dan peneliti sebagai instrument utama yang turun langsung untuk mencari data, dalam pencarian data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada analisis data peneliti memiliki alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa guru bimbingan dan konseling dapat menjalankan kinerja sesuai dengan layanan dan program yang sudah ditetapkan lembaga sekolah dan panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling dengan menerapkan program yang bertujuan untuk membantu perkembangan siswa. Dampak yang ditimbulkan dari perilaku bullying di kelas 11 IPS SMA Sunan Kalijogo termasuk pada dampak seperti tidak masuk sekolah, siswa menjadi pendiam, siswa mengalami luka fisik, dan keluar dari sekolah.
Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Bullying, Siswa