Evaluasi bukan lagi merupakan hal yang asing dalam kehidupan
masa sekarang, apalagi dalam dunia pendidikan. Istilah evaluasi
mempunyai padanan kata dalam bahasa Indonesia, yaitu penilaian.
Salah satu cara untuk memperbaiki proses pendidikan yang paling
efektif ialah dengan mengadakan evaluasi tes hasil belajar. Hasil
tes itu diolah sedemikian rupa sehingga dari hasil pengolahan
itu dapat diketahui komponen-komponen manakah dari proses
belajar-mengajar itu yang masih lemah.
Sekarang ini banyak orang yang melakukan kegiatan evaluasi,
tetapi tidak mempunyai pemahaman terhadap istilah evaluasi
tersebut. Hal ini tentunya akan menimbulkan masalah dalam
proses pendidikan pada umumnya, dan proses pembelajaran pada
khususnya. Karena aktivitas evaluasi tidak mempunyai syarat
evaluasi sebagai suatu konsep pendidikan, dan banyak aktivitas
evaluasi yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada.
Oleh karena itu guru atau calon guru harus dibekali bagaimana
cara mengevaluasi pembelajaran yang baik dan sesuai dengan
tujuan yang telah dirumuskan. Karena evaluasi bukan hanya suatu
proses untuk mengklasifikasikan keberhasilan atau kegagalan
dalam belajar, tetapi juga sangat penting untuk meningkatkan
efisiensi dan efektivitas pengajaran