Bab I di dalam buku ini berupa pendahuluan, yang isinya meliputi latar
belakang perlunya buku Manajemen Pendidikan Teori dan Aplikasinya. Bab
II membahas tentang sekolah sebagai sistem sosial yang meliputi pengertian
sistem sosial, elemen kunci sistem sosial sekolah, dan sekolah sebagai
organisasi belajar.
Bab III membahas tentang efektivitas sekolah yang meliputi pengertian
efektivitas sekolah, klasifikasi efektivitas sekolah, kriteria input, hasil
kinerja, penelitian input-output, kriteria transformasi, penelitian inputproses-output, dan model input-sumber daya. Bab IV membahas tentang
pengelolaan sekolah dasar meliputi pengertian pengelolaan sekolah dasar,
kerangka pengelolaan sekolah dasar, konteks pengelolaan sekolah dasar,
sekolah yang efektif, dan peran kepala sekolah.
Bab V membahas tentang kepemimpinan sekolah dasar yang meliputi
pengertian, karakteristik, keterampilan, situasi dan kepemimpinan,
perilaku dan kepemimpinan, efektivitas kepemimpinan, model kontingensi
kepemimpinan, kepemimpinan pengajaran, teori teman sekerja yang paling
disuka, substitusi untuk model kepemimpinan, kepemimpinan terdistribusi,
teori Path-Goal yang diformulasikan kembali, dan tipe-tipe kepemimpinan.
Bab VI membahas tentang implementasi manajemen berbasis sekolah
di sekolah dasar yang meliputi desentralisasi dalam pendidikan, pengertian
manajemen berbasis sekolah, kondisi implementasi manajemen berbasis
sekolah di sekolah dasar, keluasan pembuatan keputusan yang dibagi
di dalam sekolah, keluasan desentralisasi penganggaran dan keputusan
pengeluaran, dan keluasan desentralisasi keputusan personal.
Bab VII membahas tentang pembuatan keputusan di sekolah yang
meliputi model klasikal melalui strategi optimisasi, model administratif
melalui strategi memuaskan, proses pembuatan keputusan dengan siklus
tindakan, model inkremental melalui strategi perbandingan terbatas suksesif,
model scanning campuran melalui strategi adaptif, model kontingensi
melalui penyesuaian strategi dan situasi, model kaleng sampah melalui
pembuatan keputusan non-rasional, teori konflik Janis-Mann dengan stres
dan irasionalitas dalam pembuatan keputusan.
Bab VIII membahas tentang kekuasaan dan politik di sekolah yang
meliputi sumber kewenangan sebagai kekuasaan legitimasi, kewenangan
dan perilaku administratif di sekolah, sumber kekuasaan, kekuasaan dan
politik organisasi, koalisi eksternal, dan koalisi internal