SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM DI SMP SUNAN KALIJOGO 3 JABUNG

Judul Skripsi : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM DI SMP SUNAN KALIJOGO 3 JABUNG
Penulis : Siti Khoiriyah
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Prodi : pba
Angkatan : 4/ 2021
Tahun : 2025

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap keterampilan berbicara (maharah kalam) siswa kelas VII di SMP Sunan Kalijogo 3 Jabung. Model Jigsaw merupakan salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa untuk aktif dalam kelompok dan bertanggung jawab atas penguasaan materi tertentu yang kemudian dipresentasikan kepada anggota kelompok lain. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa tidak hanya memahami materi secara mendalam tetapi juga terampil dalam menyampaikan ide secara lisan dalam bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Instrumen yang digunakan meliputi tes keterampilan berbicara (pre-test dan post-test), yang diberikan kepada kelompok.Teknik pengumpulan data dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Hasil uji statistik menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan berbicara setelah penerapan model Jigsaw. Nilai rata-rata pretest sebesar 57,5, meningkat menjadi 80,3 pada posttest. Hasil uji t-test memperoleh nilai t hitung = 7,745 > t tabel = 2,042, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti hipotesis H1 diterima. Selain itu, nilai N-Gain sebesar 0,54 termasuk dalam kategori sedang, yang menandakan efektivitas pembelajaran cukup tinggi.

 

 

Kata Kunci / keywords:

pengaruh, model pembelajaran jigsaw, maharah kalam.

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang