Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap keterampilan berbicara (maharah kalam) siswa kelas VII di SMP Sunan Kalijogo 3 Jabung. Model Jigsaw merupakan salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa untuk aktif dalam kelompok dan bertanggung jawab atas penguasaan materi tertentu yang kemudian dipresentasikan kepada anggota kelompok lain. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa tidak hanya memahami materi secara mendalam tetapi juga terampil dalam menyampaikan ide secara lisan dalam bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Instrumen yang digunakan meliputi tes keterampilan berbicara (pre-test dan post-test), yang diberikan kepada kelompok.Teknik pengumpulan data dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Hasil uji statistik menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan berbicara setelah penerapan model Jigsaw. Nilai rata-rata pretest sebesar 57,5, meningkat menjadi 80,3 pada posttest. Hasil uji t-test memperoleh nilai t hitung = 7,745 > t tabel = 2,042, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti hipotesis H1 diterima. Selain itu, nilai N-Gain sebesar 0,54 termasuk dalam kategori sedang, yang menandakan efektivitas pembelajaran cukup tinggi.
pengaruh, model pembelajaran jigsaw, maharah kalam.