Penelitian ini membahas tentang pembelajaran bahasa arab berbasis e-learning yang sangat berpengaruh, terutama untuk menghadapi tantangan di era digital saat ini. Pentingnya penguasaan bahasa Arab khususnya keterampilan menyimak sebagai dasar utama dalam proses pemerolehan bahasa. Maka dalam penelitian ini akan membahas pengaruh pembelajaran bahasa arab berbasis e-learning dalam meningkatkan maharah istima’ siswa kelas V MI Ar-Raudhoh Jabung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi eksperimen Pendekatan kuantitatif dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel-variabel yang dapat diukur secara numerik, yaitu pengaruh serta efektivitas pembelajaran bahasa Arab berbasis e-learning terhadap peningkatan maharah istima’ siswa kelas VA di MI Ar-Raudhoh Jabung. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest, dilanjutkan dengan analisis data menggunakan beberapa uji, yaitu uji validitas uji reliabilita uji normalitas uji homogenitas uji deskriptif, uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelajaran bahasa arab berbasis e-learning dalam meningkatkan maharah istima’ dikarenakan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05. Dan untuk efektivitas pembelajaran Bahasa Arab berbasis e-learning dalam meningkatkan maharah istima’ (keterampilan menyimak) siswa, peneliti menggunakan uji N-Gain. Hasil perhitungan diperoleh dengan rata-rata N-Gain (mean) = 0,6132 yang menunjukkan bahwa tingkat efektivitasnya pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa e-learning merupakan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan maharah istima’ siswa.
Pembelajaran Bahasa Arab, E-Learning, Maharah Istima’