Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot terhadap pembelajaran maharah qiro’ah siswa kelas VIII di SMP 3 Sunan Kalijogo Jabung Malang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya minat dan kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang konvensional. Dalam menghadapi tantangan ini, media pembelajaran digital seperti Kahoot diharapkan dapat memberikan solusi inovatif dan interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one grup pretest posttest,adapun langkah pencarian data menggunakan pretest-one grup pretest posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian pre-test dan post-test untuk mengukur keterampilan membaca siswa.Penelitian ini menggunakan beberapa uji yaitu validitas, reabilitas, normalitas, homogenitas, deskriptif, t, dan uji n gain. Hasil penelitian ini, menunjukkan nilai uji t memiliki signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05), yang menandakan adanya pengaruh signifikan penggunaan aplikasi Kahoot terhadap peningkatan maharah qiro’ah siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 45 menjadi 89 setelah perlakuan. Adapun nilai N-Gain sebesar 0,1642 yang menunjukkan adanya efektivitas penggunaan aplikasi kahoot terhadap peningkatan maharah qiroah siswa namun tingkat evektivitasnya pada penelitian ini masih tergolong rendah.Meskipun demikian, penggunaan Kahoot terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan motivasi siswa. Kahoot juga memberikan kemudahan bagi guru dalam melakukan evaluasi secara real-time. Berdasarkan hasil tersebut, Kahoot layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif dalam mendukung proses pembelajaran maharah qiro’ah, terutama untuk meningkatkan keterlibatan dan semangat siswa dalam memahami teks bacaan Arab
Kahoot, Maharah Qiro’ah, Media Pembelajaran, Pembelajaran Interaktif, Bahasa Arab