SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SDN 01 SUKOPURO JABUNG MALANG

Judul Skripsi : ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SDN 01 SUKOPURO JABUNG MALANG
Penulis : Nanda Setya Agustina
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Prodi : mpi
Angkatan : 4/ 2021
Tahun : 2025

Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kualitas pembelajaran di SDN 01 Sukopuro Jabung Malang. Siswa kurang motivasi untuk belajar, yang menunjukkan bahwa diperlukan strategi pembelajaran yang lebih menarik dan berhasil media pembelajaran dianggap memiliki kemampuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa, keterlibatan dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan di SDN 01 Sukopuro Jabung Malang, dilandasi oleh rendahnya semangat belajar siswa yang menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif, media pembelajaran dianggap mampu meningkatkan perhatian dan keterlibatan siswa dalam proses belajar yang menjadi faktor pendorong utama bagi siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini dilakukan di SDN 01 Sukopuro Jabung. Pada akhirnya, media memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersama dengan jenis penelitian asosiatif. Metode sampel jenuh digunakan untuk memilih sampel Guru di SDN 01 Sukopuro Jabung Malang. Angket, observasi, dan dokumen adalah metode pengumpulan data, uji regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis regresi berganda menggunakan program SPSS. Hasil penelitan menunjukkan bahwa 1. Penggunaan media pembelajaran berpengaruh sigfikansi terhadap kualitas pembelajaran 2. Motivasi belajar tidak berpengaruh secara sigfikan secara persial terhadap kualitas pembelajaran 3. Media pembelajaran dan motivasi belajar berpengaruh   terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, motivasi belajar tidak memberikan dampak yang berarti apabila berdiri sendiri tanpa dukungan media pembelajaran yang tepat.

 

 

Kata Kunci / keywords:

Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Kualitas Pembelajaran

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang