Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan kompetensi kepala sekolah terhadap mutu pendidikan di SD Negeri 3 Slamparejo Jabung Malang. Mutu pendidikan merupakan indikator penting dalam keberhasilan sebuah lembaga pendidikan, yang sangat dipengaruhi oleh kualitas kepemimpinan kepala sekolah serta kompetensinya dalam menjalankan fungsi manajerial dan pedagogik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket yang disebarkan kepada guru dan staf sebagai responden penelitian. Hasil analisis data menunjukkan sebesar 0,890, yang mengindikasikan bahwa sekitar 89% variasi atau perubahan pada variabel dependen (mutu pendidikan) dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam model regresi. Gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan yang ditandai dengan terciptanya iklim kerja yang kondusif, partisipatif, dan motivatif. Kompetensi kepala sekolah juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap mutu pendidikan, di mana kepala sekolah yang memiliki kompetensi manajerial, supervisi, kepribadian, sosial, dan kewirausahaan mampu mendorong tercapainya tujuan pendidikan secara optimal. Secara simultan, gaya kepemimpinan dan kompetensi kepala sekolah memberikan kontribusi yang kuat terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan yang efektif dan kompetensi yang mumpuni dari seorang kepala sekolah merupakan dua aspek strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para kepala sekolah, guru, dan pembuat kebijakan pendidikan dalam merumuskan strategi peningkatan kualitas pendidikan dasar.
Gaya Kepemimpinan, Kompetensi Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan