Diselenggarakannya budaya religius pada instansi-instansi pendidikan dalam
berbagai jenjang diharapkan dapat membentuk karakter peserta didik yang disiplin, luhur serta dapat memperkokoh iman masing-masing peserta didik. Penelitian ini bertempat di SMP Al Hasib Pakis dengan tujuan untuk mengetahui manajemen kesiswaan dalam meningkatkan nilai religius peserta didik di SMP AL Hasib Pakis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Untuk teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Melalui penerapan serta pembiasaan budaa religious, SMP Al Hasib Pakis dinilai mampu menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pertumbuhan karakter agamis peserta didik. Hasil penelitian ini adalah Manajemen kesiswaan dalam meningkatkan nilai religius siswa di SMP AL Hasib Pakis melewati beberapa tahapan meliputi Perencanaan (panning), pengorganisasian (organizing), memberi dorongan (actuating), dan yang terahir adalah pengawasan (controling) dan Penerapan budaya islami dalam mendukung pertumbuhan karakter agamis peserta didik meliputi Literasi pagi surat – surat pilihan dalam Al-Qur’an dan Asma’ul Husna, Khataman AlQur’an
dan Istighosah, sholat duha, infaq atau shadaqah.
Manajemen Kesiswaan, Budaya Religius