Penelitian ini berfokus pada peran Komite Madrasah dalam meningkatkan
mutu pendidikan di MI Miftahul Ulum Banyusari, Blarang Tutur, Pasuruan, yang merupakan bagian integral dari pengembangan sekolah melalui kerjasama dengan pihak sekolah dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis kontribusi Komite Madrasah dalam mendukung peningkatan fasilitas pendidikan serta keterlibatan mereka dalam proses pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komite Madrasah memainkan peran penting dalam pendanaan dan pengembangan fasilitas pendidikan, meskipun masih terdapat kelemahan dalam
hal pemberian masukan terkait kurikulum dan pengawasan penggunaan dana.
Kesimpulannya, peningkatan keterlibatan dan koordinasi Komite Madrasah dengan pihak sekolah sangat diperlukan untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan yang lebih efektif.
Komite Madrasah, Mutu Pendidikan, Pengembangan Sekolah