Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peran operator sekolah dalam
mengelola Dapodik di SDN Ngembal II Tutur Pasuruan, Untuk mengetahui
tantangan keterbatasan sumber daya dan tantangan teknis dalam mengelola data Dapodik di SDN Ngembal II Tutur Pasuruan, Untuk Mengetahui dampak dari kendala dalam mengelola data pokok pendidikan dan apa solusi untuk
mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitianya yakni kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang diperoleh oleh peneliti kemudian di analisis dengan menggunakan tehnik analisis data dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa operator sekolah di SDN Ngembal II Tutur memainkan peran yang sangat vital dalam memastikan kelengkapan dan keakuratan data pendidikan. Mereka menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya yaitu waktu , tenaga dan anggaran, serta tantangan teknis masalah jaringan, masalah perangkat lunak dan masalah perangkat keras. Pengelolaan data Dapodik di SDN Ngembal II menghadapi berbagai tantangan teknis. Sekolah telah menerapkan berbagai strategi untuk mengatasi tantangan tersebut, seperti meningkatkan infrastruktur jaringan, memelihara perangkat keras dan lunak, dan bekerja sama dengan teknisi dan ahli IT. Upaya - upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan data Dapodik di sekolah.
Peran, Operator Sekolah, Sistem Dapodik,