Seorang supervisor mempunyai tanggung jawab dalam peningkatan
kemampuan kemampuan guru untuk mengelola kegiatan pembelajaran di sekolah serta mempunyai peranan penting terhadap perkembangan dan kemajuan sekolah. Dengan tujuan untuk mengetahui 1) tingkat supervisi kepala seklah 2) tingkat kinerja guru 3) tingkat pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Instrumen penelitian berupa kuisioner atau angket dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. dengan mengambil sampel penelitian guru sebanyak 19. Analisis instrumen meliputi uji validitas uji reliabilitas, dan uji normalitas. Data di analisis menggunakan uji multikolonieritas, uji heteroskedestisitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji deskriptif, dan uji t. Mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah tidak meiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Nilai rata-rata variabel supervisi kepala sekolah sebanyak 92,74. supervisi kepala sekolah dalam kategori kurang baik, Nilai rata-rata variabel kinerja guru sebanyak 137,37. variabel kinerja guru dikategorikan baik. Hal ini didukung oleh hasil uji statistik yang menunjukkan nilai signifikansi 0,357 > 0,05, sehingga hipotesis
kerja pada penelitian ini di tolak.
Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja guru