Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap interaksi sosial dan kontrol diri siswa kelas XI di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kemampuan berinteraksi sosial dan pengendalian diri dalam kehidupan remaja, khususnya di lingkungan sekolah. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam membangun relasi sosial yang sehat dan mengendalikan dorongan emosional, yang berdampak pada adaptasi mereka di lingkungan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala interaksi sosial dan kontrol diri, dengan analisis data menggunakan uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan interaksi sosial dan kontrol diri siswa. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi uji statistik yang menunjukkan hubungan positif antara layanan bimbingan kelompok dengan dua variabel tersebut. Temuan ini memperkuat bahwa bimbingan kelompok merupakan metode efektif dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial serta kemampuan mengatur diri. Oleh karena itu, implementasi bimbingan kelompok secara terstruktur di sekolah sangat dianjurkan untuk mendukung perkembangan psikososial siswa.
Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial, Kontrol Diri