Perkembangan sosial dan emosional merupakan aspek penting dalam pertumbuhan anak usia dini, karena menjadi dasar pembentukan kemampuan berinteraksi, mengenali, dan mengelola emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Role Playing terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini di PAUD Bhinneka Tunggal Ika, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest dan teknik observasi partisipatif. Instrumen yang digunakan terdiri dari skala sosial (28 item) dan skala emosional (24 item), yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji-t menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan sosial dan emosional anak setelah diterapkan Role Playing (p = 0,000). Pelaksanaan role playing dalam penelitian ini di lakukan 8 Kali perlakuan dan 1 kali melihat hasil dari perlakuan role playing. Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam kerja sama, komunikasi, empati, serta pengelolaan emosi dan konflik secara positif. Temuan ini memperkuat efektivitas Role Playing sebagai metode pembelajaran yang menyenangkan dan berdampak positif terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia dini.
Perkembangan anak usia dini, Sosial emosional, Role playing, PAUD, Intervensi bermain peran