Penelitian ini mengkaji perilaku belanja online konsumen, dalam konteks
perkembangan pusat teknologi informasi dan komunikasi, fokus utama Penelitian
adalah perubahan perilaku konsumen dalam membeli produk menurut ekonomi
islam. Metode penelitian yang digunakan melibatkan wawancara terhadap sejumlah
informan yang aktif berbelanja online serta analisis data dengan pendekatan
kualitatif. Informan diambil dari mahasiswa FEBI IAI Sunan Kalijogo Malang untuk
penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa memiliki kepercayaan
terhadap belanja online, dikarenakan kemudahan dalam bertransaksi, ada juga
ulasan produk serta rekomendasi dari teman atau keluarga yang memainkan peran
penting dalam mendorong perilaku belanja online. Selain itu bagi konsumen terdapat
kemudahan dan kenyamanan berbelanja dari rumah tanpa harus mengunjungi toko
fisik juga menjadi faktor signifikan. Dari temuan belanja secara online ini
menyarankan para pelaku bisnis e-commerceuntuk meningkatkan aspek
kenyamanan dan keamanan dari situs mereka, serta membangun sistem ulasan
produk yang transparan guna meningkatkan kepercayaan dan kepuasan konsumen.
Penelitian ini memberikan wawasan berharga mengenai perubahan perilaku belanja
konsumen.
Perilaku Konsumen, Online Shop, Ekonomi Islam